WOW !! 10 Air Terjun Tertinggi Di Dunia



KepoliciousAir terjun adalah suatu kondisi dimana sebuah aliran sungai terganggu karena aliran melewati dari lapisan bebatuan yang lebih keras ke lapisan yang lebih lunak sehingga mengakibatkan erosi bebatuan atau tepian jurang atau plato, atau tepian lembah yang terbentuk dari kondisi gletser.

Tahukah Kamu, Daftar air terjun tertinggi didunia? Menurut Wikipedia, Ini dia urutanya sesuai ketinggian.

1. Air Terjun Angel (Santo Angel)
Air Terjun Angel ( Santo Angel ) 
Air Terjun Angel atau Santo Angel adalah air terjun jatuh-bebas tertinggi di dunia dengan ketinggian 979 meter (3.212 kaki) dengan jatuh tanpa hambatan sekitar 807 meter (2.647 kaki). Air terjun ini terletak di Rio CaroniTaman Nasional CanaimaVenezuela.

2. Air Terjun Tugela (Tugela Falls)


Air Terjun Tugela - Afrika Selatan
Tugela Falls adalah kompleks air terjun musiman yang terletak di Drakensberg ( Dragon Mountains) dari Royal Natal National Park di Provinsi KwaZulu-Natal , Republik Afrika Selatan . Hal ini umumnya diterima sebagai air terjun kedua tertinggi di dunia ( meskipun, seperti per titik di bawah ini , ada argumen bahwa sebenarnya air terjun tertinggi di dunia , bukan Venezuela Angel Falls ) . Total drop gabungan yang berbeda lima bebas melompat jatuh adalah 948 m ( 3.110 kaki).

3. Air Terjun Utigord (Utigord Foss)
Air Terjun Utigord (Utigord Foss) - Norwegia
Air terjun Utigord juga dikenal sebagai Ramnefjellsfossen atau Utigardsfossen. adalah salah satu tujuan wisata utama di negara norwegia. Meskipun popularitas tinggi, volume air yang mengalir relatif kecil. Air terjun mengalir dari gunung Ramnefjellet di kotamadya Stryn . Gunung Ramnefjellet itu sendiri sangat berbahaya karena banyak menelan korban jiwa akibat tanah longsor selama bertahun-tahun .


Ini adalah air terjun tertinggi di Eropa . Utigord Falls memiliki ketinggian 800M atau 2.685 kaki Setelah Angel Falls dan Tugela Falls.

4. Air Terjun monge  (monge foss)
Air Terjun monge  (monge foss)
Air terjun monge ( Monge foss ) sebenarnya tidak resmi terdaftar sebagai air terjun tertinggi keempat di dunia, terletak di dekat jalan raya Eropa rute E136 dan Sungai Rauma, Norwegia. Ada beberapa perdebatan mengenai ketinggian air terjun ini, tapi ketinggianya terdaftar di 773M (2.536 kaki). Sayangnya, seperti halnya dengan banyak air terjun tertinggi Norwegia, sudah ditargetkan untuk pembangkit listrik tenaga air, yang menghasilkan aliran air sangat berkurang selama musim panas bagi wisatawan.

5. Air Terjun Mutarazi  ( Mutarazi Falls)
Air Terjun Mutarazi  ( Mutarazi Falls )


Air terjun Mutarazi adalah air terjun tertinggi di Zimbabwe dan tertinggi kedua di Afrika.
Ketinggianya 762M ( 2.499 Kaki ) terletak di taman nasional  nyanga, Zimbabwe.

6. Air Terjun Yosemite ( Yosemite Falls)
Air terjun Yosemite ( Yosemite Falls)

Air terjun Yosemite adalah air terjun tertinggi di Taman Nasional Yosemite, total ketinggianya 739M (2.425 kaki) Terletak di Sierra Nevada California,Air terjun ini adalah daya tarik utama wisatawan di taman nasional yosemite terutama di akhir musim semi ketika aliran air pada puncaknya.

7. Air Terjun Pierman ( Pierman Falls)
Air Terjun Pierman ( Pierman Falls)
Air terjun pierman adalah anak sungai pieman, Ketinggianya 715M ( 2.346 kaki ) Terletak di Taman nasional Alpine, Victoria, Australia

8. Air Terjun Espelands (Espelandsfoss)

Mengalir dari sungai opo Terletak di Hardanger Fjord, Nigeria.
Ketinggian air terjun ini adalah 703M ( 2.307 kaki )

9. Air Terjun Lower Mar Valley (Østra Mardolafoss)
Air Terjun Lower Mar Valley (Østra Mardolafoss)

Air terjun Lower Mar atau Mardalsfossen adalah salah satu dari sepuluh air terjun tertinggi di Eropa terletak di kotamadya Nesset, Norwegia.

Totalketinggiannya adalah 705 m menurut SSB, 657 m menurut Database air terjun dunia. terdiri dari dua tetes besar dan beberapa yang lebih kecil di bawahnya. Penurunan vertikal tertinggi, yaitu 358 m, merupakan salah satu yang tertinggi di Norwegia.


10. Air Terjun Tyssestrengene
Air Terjun Tyssestrengene
Air terjunTyssestrengene terletak didekat kota Odda, Norwegia. Total ketinggian air terjun ini 647 meter (2.123 kaki).


Nah, Ini dia Air terjun tertinggi didunia versi Kepolicious. tertarik untuk mengunjungi salah satunya?

Sumber : wikipedia


0 komentar:

Post a Comment