Kuala Kencana, Papua. Kota Menakjubkan Ditengah Hutan

Kota Kuala Kencana, Timika, Papua - Indonesia
Kepolicious - Sahabat kepolicious, berbicara tentang indahnya Indonesia tercinta ini tentu tak akan ada habisnya. Salah satu keindahan Indonesia yang membuat kita bangga adalah Indonesia mempunyai kota yang menakjubkan ditengah hutan, yaitu Kota Kuala Kencana Di Timika, Papua.

Kuala Kencana adalah sebuah distrik diKabupaten Timika, Papua, Indonesia. 
Diresmikan pada 5 Desember 1995 oleh Presiden Soeharto, distrik ini dikelola sepenuhnya oleh PT. Freeport Indonesia. 



Kuala Kencana merupakan kota pertama di Indonesia yang memiliki sistem saluran air kotor yang lalu disalurkan ke pusat pengelolaan limbah. Terdapat beberapa kompleks pemukiman di Kuala Kencana: RW A atau Bumi Satwa Indah, RW B atau Tirta Indah, kompleks Apartement, kompleks Jl. Bougenville, dan yang terakhir adalah Bachelor's Quarter. Jarak antara Ibukota Distrik ke Ibukota Kabupaten adalah 20 Km.



Keunikan kota ini yaitu berada tepat di tengah hutan. Kota ini seluruhnya hutan, dimana batas-batas jalan dan pusat-pusat perbelanjaan maupun kantor kota adalah pepohonan lebat.

Tata kota yang baik, lingkungan bersih, bentuk rumah ala negara Barat. Kompleks perumahan di tengah Kota Timika, Papua ini membuatnya terlihat seperti kota yang menakjubkan ditengah hutan, di papua. Selengkap apa fasilitas Kuala Kencana?

Kuala Kencana merupakan suatu kawasan yang dibangun oleh Freeport untuk memfasilitasi semua kebutuhan karyawan yang tinggal atau bekerja di kawasan Freeport. Kawasan Kuala Kencana yang masih berada di dalam Kota Timika ini tidak boleh dimasuki orang sembarangan. 

Yang boleh masuk hanyalah orang dari PT. Freeport Indonesia dan orang memakai ID card visitor dari Freeport. Selain itu, jangan harap bisa masuk kompleks eksklusif itu.

Ketika memasuki kompleks, setiap ujung jalan terdapat simbol-simbol peraturan lalu lintas. Pemandangan ini dilengkapi dengan jalan yang sudah diaspal sempurna. Meski di kanan dan kiri jalan yang masih ada hutan-hutan, jalanan terlihat sangat bersih sekali. Tak ada satupun sampah yang tergeletak sembarangan. 



Beberapa fasilitas yang tersedia di Kuala Kencana bisa dibilang sangat lengkap dan memadai semua kebutuhan karyawan. Tak hanya karyawan, para keluarganya yang tinggal di sana pun bisa ikut mengecap kenyamanan fasilitas ini. Selain komplek perkantoran dan komplek perumahan untuk karyawan Freeport, ada juga fasilitas lain seperti sporthall, lapangan golf, sekolah, klinik kesehatan, masjid, gereja hingga shopping center. Semua fasilitas ini membuat Kuala Kencana menjadi kota yang menakjubkan di dalam hutan.


Sumber : Wikipedia, Detik, Kompasiana, Google

( FF, Januari 2016 )

0 komentar:

Post a Comment